Berlangganan Lewat Email !
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!

Fakta-fakta dan Kesalahan Persepsi Earth Hour






Earth Hour adalah program tahunan yang pada tahun 2012 ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Maret 2012 pada pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.




...










Fakta-Fakta Earth Hour
1. Mengapa Earth Hour dilaksanakan pada hari Sabtu di minggu terakhir bulan Maret pukul 20.30–21.30?
- Earth Hour dilakukan pada minggu terakhir di bulan Maret karena pada waktu ini, hampir seluruh belahan dunia sedang mengalami masa peralihan musim dari musim dingin ke musim panas, jadi udara tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas sehingga memungkinkan penduduk di dunia untuk mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan pada waktu tersebut, termasuk pemanas atau pendingin ruangan.

- Earth Hour dilakukan pada hari Sabtu karena biasanya akhir minggu merupakan waktu yang dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan aktivitas bersama keluarga atau teman-teman tanpa harus menggangu aktivitas kerja sehingga memiliki waktu yang lebih panjang.

- Earth Hour dilaksanakan pada pukul 20.30–21.30 karena saat itu merupakan
waktu setelah makan malam, di mana merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dan santai bersama keluarga atau teman-teman.

2. Apa Beda Earth Hour dengan kampanye penghematan energi lainnya?
- Earth Hour merupakan gerakan penyadaran perubahan gaya hidup ramah lingkungan yang dilakukan secara Global.

3. Mengapa harus mematikan lampu, bukan tidak menggunakan kendaraan bermotor atau lainnya?
- Mematikan lampu merupakan salah satu hal kecil yang berdampak besar yang dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, dari golongan suku, agama, ras, usia, dan jenis kelamin apapun. Dengan mematikan lampu dan alat elektronik lainnya yang tidak terpakai, kita sudah berpartisipasi untuk menghemat energi dan menyelamatkan lingkungan

4. Mengapa Earth Hour fokus di Jawa-Bali?
- 78% konsumsi listrik Indonesia terfokus di Jawa-Bali karena 68% konsumennya berada di pulau tersebut. Bagian Indonesia yang lain mendapatkan porsi lebik kecil.23% konsumsi listrik Indonesia terfokus di DKI Jakarta dan Tangerang.

Distribusinya terbagi menjadi:
Rumah tangga: 33%
Bisnis/perkantoran serta gedung komersial: 30%
sektor industri: 30% (kebanyakan di wilayah Tangerang)
Fasilitas publik dan sektor sosial: 4%
Gedung pemerintahan: 3%

5. Apa arti logo Earth Hour 60+?
- Angka 60 artinya 60 menit fokus pada tindakan positif mengurangi emisi CO2. Tanda + artinya kegiatan Earth Hour tidak hanya dilakukan selama 60 menit saja, tetapi juga diikuti dengan peribahan gaya hidup setiap hari. Mulai dari menggunakan transportasi publik, bersepeda, hemat air, tidak buang sampah sembarangan, memilah dan daur ulang sampah, hemat kertas, hingga berkebun dan menanam pohon.


Kesalahan Persepsi Terhadap Earth Hour di Indonesia
1. Earth Hour = black out/mati lampu PLN.
- Earth Hour tidak sama dengan mati lampu dari PLN. Earth Hour merupakan sebuah gerakan penghematan energi yang dilakukan individu secara sukarela dengan tujuan untuk mengubah gaya hidup

2. Buat apa mematikan lampu kalau mampu bayar listrik
- Ketergantungan manusia kepada listrik dari masa ke masa semakin meningkat. Sementara, pembangkit listrik mayoritas berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang mengeluarkan gas rumah kaca (GRK) berupa karbon dioksida (CO2), dan TERBUKTI berakibat langsung terhadap kenaikan dramatis suhu rata-rata bumi.

3. Earth Hour adalah kampanye global yang “memaksa” kita untuk mengikuti kemauan negara maju.
- Kampanye Earth Hour tidak pernah memaksa orang untuk melakukan sesuatu atau mengikuti keinginan negara maju karena penghematan energi sejatinya harus dilakukan oleh semua orang di belahan negara manapun, tidak hanya negara maju. Justru sebagai negara berkembang yang banyak bergantung pada potensi sumber daya alam dan membutuhkan listrik untuk mendukung pembangunan, Indonesia harus menjaga kebutuhan ekstraksi alamnya agar tidak berkontribusi besar menjadi salah satu pengemisi terbesar di dunia, dan tetap dapat melanjutkan upaya memenuhi kebutuhan penduduk yang makin besar setiap tahun, termasuk dari sisi energi.

4. Earth Hour hanya kampanye sehari tiap tahun dan lebih kepada seremonial saja
- Earth Hour hanya merupakan ALAT, bukan TUJUAN, jadi kegiatan Earth Hour merupakan salah satu cara untuk menyadarkan kita akan pentingnya penghematan energi dan bahwa setiap individu memiliki peran dalam menyelamatkan lingkungan dengan setiap aksi kecil yang mereka lakukan

5. Earth Hour tidak cocok untuk Indonesia karena Indonesia sering mati lampu
- Mati lampu terjadi karena adanya pergiliran pasokan energi listrik untuk daerah-daerah tertentu. Justru Earth Hour bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk dapat menghemat energi karena: Apabila 10% penduduk Jakarta berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh, setara dengan mematikan 1 pembangkit listrik dan menyalakan 900 desa

6. Earth Hour lebih baik ditujukan kepada kalangan industri atau korporasi
- Ternyata justru rumah tangga merupakan pengkonsumsi energi listrik terbesar, yaitu sebesar 33%, sementara industri dan korporasi masing-masing sebesar 30% (data tahun 2008)

7. Daya listrik yang dihasilkan setelah mematikan lampu selama 1 jam lebih banyak daripada daya listrik yang dihemat saat mematikan lampu selama 1 jam tersebut
- Besarnya daya listrik sebuah peralatan elektonik tidak akan melampaui daya yang dibutuhkan meskipun pada saat baru dinyalakan.

8. Alat-alat listrik akan cepat rusak jika kita cabut-colok dari steker
- Alat-alat listrik akan cepat rusak jika cabut-colok dari steker dengan tidak hati-hati dan sembarangan sehingga menimbulkan konsleting atau arus pendek listrik

Penulis: Unknown ~ Tutorial Blog | Tips Trick | Jejaring Sosial

Artikel Fakta-fakta dan Kesalahan Persepsi Earth Hour ini dipublish oleh Unknown pada hari Monday 15 October 2012
Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Fakta-fakta dan Kesalahan Persepsi Earth Hour , Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Fakta-fakta dan Kesalahan Persepsi Earth Hour ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Fakta-fakta dan Kesalahan Persepsi Earth Hour sebagai sumbernya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jika anda menyukai Blog ini, silahkan like di facebook dan follow kami di G+. Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca dan berkomentar tentang artikel ini.

seowaps

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...